background

Memaknai Hari Suci Saraswati di Tengah Pandemi Covid 19

Memaknai Hari Suci Saraswati di Tengah Pandemi Covid 19

 

 

Hari Suci Saraswati yang dirayakan pada hari sabtu, 28 Agustus 2021 perlu dimaknai dari berbagai dimensi, khususnya di dalam menghadapi situasi Pandemi Covid 19. Demikian disampaikan oleh Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc. MMA. selaku Rektor Dwijendra University di sela-sela persembahyangan bersama di Pura Dwijendra, pagi tadi. Sedana menyebutkan bahwa perayaan Hari Suci Saraswati agar dijadikan suatu momen ilmu pengetahuan yang turun ke dunia untuk mewujudkan kecerdasan, kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan meningkatkan keberadaban bagi peradaban manusia.
Pada perayaan Hari Suci Saraswati, dilantunkan mantram-mantram kepada Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Kuasa. Di antara mantram tersebut pemujaan kepada Hyang Widhi Wasa adalah
“Om…, Dewi Saraswati yang maha indah, maha cantik dan maha mulia.
Semoga kami dilindungi dengan sesempurna-sempurnanya.
Semoga kami selalu dilimpahi kekuatan.
Om..,. kami selalu bersedia menerima restuMu ya para Dewa dan Hyang Widhi, yang mempunyai tangan kuat.
Saraswati yang berbadan suci mulia.
Om.., Teratai yang tak ternoda, Padma yang indah bercahaya.
Dewi yang selalu indah bercahaya, kami selalu menjungjungMu Saraswati”.

 

 

Sedana menuturkan bahwa pada masa Pandemi Covid 19 ini, sebagai umat yang diberikan berbagai kelebihan di antara makhluk hidup, harus memiliki keyakinan bahwa kita akan dapat terbebas, teradaptasi dan bahkan mengatasi Covid 19 melalui pemaknaan dan pelaksanaan Hari Suci Saraswati. Pada kalangan siswa dan mahasiswa dimohon untuk tetap memuja Tuhan sepanjang hari guna meningkatkan srada dan selanjutnya memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas. Keyakinan tinggi yang perlu ditanamkan di dalam diri adalah Tuhan pasti selalu memberikan perlindungan keselamatan dan kesehatan terhadap umatnya, misalnya dengan memberikan kekuatan fisik dan non-fisik tubuh termasuk lingkungan sekitar sehingga setiap manusia masih dapat beraktivitas meskipun di dalam pembatasan-pembatasan.
Ilmu pengetahuan yang diturunkan oleh Tuhan dalam wujudnya Dewi Saraswati agar terus dikembangkan guna menghasilkan inovasi dan teknologi di berbagai bidang, seperti kesehatan, lingkungan, nutrisi, dan lain sebagainya yang memiliki manfaat untuk mengatasi Pandemi Covid 19. Salah satu inovasi dan teknologi yang berkembang adalah pemanfaat penciptaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti aplikasi program dan multi-media bagi kalangan masyarakat baik siswa, mahasiswa dan kalangan masyarakat lainnya.
Ini berarti bahwa pemaknaan Hari Suci Saraswati secara baik akan selalu memunculkan berbagai inovasi, kreatifitas untuk dapat beradaptasi dengan kondisi Pandemi Covid 19, dan bahkan memberikan kemajuan-kemajuan yang signifikan pada beberapa bidang tertentu. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilimpahkan pada perayaan Hari Suci Saraswati agar dapat diterima, disyukuri dan dimaknai serta dikemas menjadi produk-produk inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara, imbuhnya sambal menutup perbincangannya dan mengucapkan selamat merayakan Hari Suci Saraswati kepada Umat Hindu dimanapun berada [Astra].

 

--------

Berita Ini Pernah Terbit pada laman Dwijendranews.com : https://dwijendranews.com/2021/08/28/memaknai-hari-suci-saraswati-di-tengah-pandemi-covid-19/