background

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Yohanes Riton (Mahasiswa PBIng FKIP Dwijendra University)

Beberapa orang masih saja enggan belajar bahasa Inggris karena berbagai alasan. Salah satunya karena ada translator apps yang  membantu mereka memahami dan menggunakan bahasa ini. Mereka tidak menyadari betapa pentingnya bahasa Inggris.

Bahasa Inggris memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan semua orang, anak-anak maupun dewasa. Apa sajakah arti penting bahasa Inggris itu?

Pentingnya Bahasa Inggris untuk Masa Depan

Seseorang yang mampu berbahasa Inggris akan memiliki masa depan yang lebih cerah karena kemampuan ini dapat membuka berbagai peluang bagi orang yang menguasainya. Semua peluang tersebut dapat membantu anda dalam meraih kesuksesan.Kesuksesan sendiri dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang sehingga hidupnya menjadi lebih sejahtera, nyaman, dan bahagia. Tentunya Anda juga ingin meraih kesuksesan dan memiliki kualitas hidup yang baik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk belajar menguasai bahasa Inggris.

Pentingnya Bahasa Inggris dalam pendidikan

Bahasa Inggris memiliki peranan besar dalam pendidik, apalagi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, kemampuan berbahasa Inggris adalah sebuah keharusan. Anda tidak hanya dituntut untuk bisa menguasai bahasa Inggris sehari-hari, namun juga bahasa Inggris akademik.

Goethe

Goethe, seorang sastrawan Jerman, pernah berkata bahwa orang yang tidak mengetahui apapun mengenai bahasa asing, sama saja tidak mengenal bahasanya sendiri.Perkataannya ini berarti bahwa pengetahuan tentang bahasa asing akan menyadarkan masyarakat tentang perbedaan yang ada antara bahasa mereka sendiri dengan bahasa asing. Dengan demikian, mereka dapat mengenali bahasa mereka sendiri. Bahasa Inggris adalah bahasa asing bagi masyarakat Indonesia dan juga merupakan bahasa resmi banyak negara. Jika Anda mempelajarinya, Anda tidak hanya akan mampu berkomunikasi dengan masyarakat internasional, namun juga mampu mengenali bahasa sendiri.

 

Pentingnya Bahasa Inggris di Dunia Kerja.

Ketika Anda melamar kerja, Anda perlu membuat CV anda semenarik mungkin dengan cara mencantumkan berbagai skill pendukung, contohnya kemampuan berbahasa Inggris. Skill bahasa Inggris tentu memberi Anda peluang yang lebih besar untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris juga akan memberi Anda kesempatan untuk memperoleh promosi lebih cepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari bahasa Inggris.

 

Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak SD, SMP dan SMA

Bahasa Inggris tidak hanya wajib dikuasai oleh orang dewasa. Anak-anak SD, SMP, dan SMA, juga perlu menguasainya. Skill ini akan membantu siswa untuk memperoleh nilai yang baik pada pelajaran bahasa Inggris.Mampu berbahasa Inggris juga akan membuka kesempatan besar bagi mereka untuk menjadi siswa berprestasi. Ada banyak perlombaan bahasa Inggris yang rutin diadakan, misalnya lomba pidato dan debat. Dengan penguasaan yang baik akan bahasa ini, Anda pasti dapat memenangi lomba tersebut.

 

Pentingnya Bahasa Inggris di Masyarakat.

Masyarakat Indonesia perlu menguasai bahasa Inggris karena beberapa alasan:

1. Dapat Memperluas Wawasan

Bahasa Inggris sering digunakan dalam penyampaian informasi dan ilmu pengetahuan. Sehingga, masyarakat Indonesia akan memiliki wawasan yang lebih luas jika dapat berbahasa Inggris dan rutin menggunakannya untuk mencari informasi.

2. Dapat Mengangkat Citra Negara di Mata Global

Di forum internasional, komunikasi dilakukan dalam bahasa Inggris. Jika perwakilan Indonesia mampu berbahasa Inggris secara fasih, mereka pasti akan terlihat smart dan mampu menjalankan tugas diplomatik dengan baik. Sehingga, citra negara pun akan terlihat lebih baik.

3. Dapat Memajukan Bangsa

Masyarakat Indonesia yang mampu berbahasa Inggris akan mampu bersaing secara global dalam berbagai aspek kehidupan. Kesuksesan ini tidak hanya akan mengharumkan nama bangsa, namun juga membawa kemajuan negeri ini.

 

Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Pariwisata.

Industri pariwisata memberi sumbangan besar pada kekayaan negara. Oleh karena itu, penting bagi semua pelaku wisata untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada. Bahasa Inggris merupakan salah satu kunci cara mengoptimalkan kesuksesan industri pariwisata karena dapat menarik wisatawan asing. Dengan pelayanan ini, mereka akan merasa nyaman dan terkesan ketika berwisata. Bahasa Inggris juga perlu digunakan dalam membuat informasi tertulis tentang wisata, contohnya rambu arah menuju tempat wisata, papan peraturan objek wisata, dan panduan wisata. Hal tersebut dapat memudahkan wisatawan dalam menemukan informasi dan rute objek wisata.

 

 

Berita Ini Pernah Terbit pada Laman Dwijendranews.com : https://dwijendranews.com/2021/08/09/pentingnya-bahasa-inggris-dalam-kehidupan-sehari-hari/