background

Prestasi Saat Pandemi, FKIP Universitas Dwijendra Luncurkan Tujuh Buku Karya Dosen: Kado Manis Sambut Tahun Baru 2021

Prestasi Saat Pandemi, FKIP Universitas Dwijendra Luncurkan Tujuh Buku Karya Dosen: Kado Manis Sambut Tahun Baru 2021

Foto: Peluncuran tujuh buku karya  dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dwijendra.

 

              Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dwijendra menorehkan catatan manis jelang akhir tahun 2020 dan menyambut tahun baru 2021 dengan meluncurkan tujuh (7) buku karya dosen-dosen FKIP Universitas Dwijendra. Peluncuran buku ini yang dilaksanakan di ruang Rapat Rektorat Universitas Dwijendra,  Kamis (17/12/2020) ini juga ibarat menjadi kado manis FKIP Universitas Dwijendra kepada Universitas Dwijendra menyongsong tahun 2021 dengan penuh optimisme dan membawa kampus ternama di Bali ini semakin berprestasi di kancah nasional dan internasional. “Peluncuran buku hari ini jelang akhir tahun 2020 jadi kado bagi Universitas Dwijendra menyambut tahun baru 2021,” kata Rektor Universitas Dwijendra Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.M.A.,usai peluncuran buku ini.

 

 

  1. Buku pertama yang diluncurkan yakni Tuturan: Kajian Sosiaopragmatik, karya I Ketut Suar Adnyana, I Gusti Ayu Putu Istri Aryasuari, Ni Komang Ari Perbriyani.
  2. Buku kedua, Hujan Sang Penolong, karya Dewi Juniayanti, I Gusti Ayu Putu Istri Aryasuari, Ida Ayu Novita Yogandewi.
  3. Buku ketiga, Menggali dan Menemukan Roh Pancasila secara Kontekstual, karya I Gusti Ngurah Santika.
  4. Buku keempat, Balinese Bilingual Book Based on Menyama Braya Concept for Second Grade of Elementary School, karya I Gusti Ayu Indah Triana Juliari dan Ni Made Yuniari.
  5. Buku kelima, Model Pembelajaran Karakter Berbasis Mesatua Bali, karya Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini, Ida Ayu Novita Yogandewi.
  6. Buku keenam, Legenda Dusun Batu Megaang, pencerita I Ketut Suar Adnyana.
  7. Buku ketujuh, Program Literasi Bahasa Inggris pada Tahapan Membaca Mandiri untuk Anak Usia Dini, karya I Komang Dedik Susila, Ni Nyoman Padma Dewi dan Luh Putu Artini.

 

 

                Istimewanya ketujuh buku yang diluncurkan ini dihasilkan atau ditulis para dosen FKIP Universitas Dwijendra di tengah masa pandemi Covid-19 yang menunjukkan kualitas, kapabilitas, kreativitas serta daya inovatif dosen-dosen FKIP Universitas Dwijendra. “Ini jadi motivasi, tunjukkan ke publik kita bisa, kata Rektor Dr.  Sedana seraya mengaku bangga dan mengapresiasi para dosen yang berhasil menulis dan meluncurkan buku ini serta senutup tahun 2020 dengan karya buku yang menginspirasi. Wakil Rektor I Universitas Dwijendra Dr. I Ketut Suar Adnyana, S. S., M.Hum.,yang juga merupakan salah satu dosen FKIP Universitas Dwijendra yang ikut menulis dan meluncurkan buku kali ini mengakui ide peluncuran buku ini muncul dari Dekan FKIP Universitas Dwijendra yang terus mendorong para dosen termasuk dosen muda agar terus menulis menghasilkan karya buku.

 

                   Pihaknya pun berharap para dosen FKIP Dwijendra ke depannya semakin produktif menulis buku, tidak hanya memberikan contoh bagi dosen lainnya, kepada para guru maupun mahasiswa tapi mampu menjadi contoh dengan aktif menulis buku. “Harapannya launching buku di akhir tahun 2020 ini memberikan sumbangan kepada perguruan tinggi dan harapannya tahun 2021 lebih banyak ada buku ditertibkan. Ini hanya saja pemantik saja,” kata Suar Adnyana yang menulis dan meluncurkan buku “Tuturan: Kajian Sosiaopragmatik” dan Legenda Dusun Batu Megaang. Dekan FKIP Universitas Dwijendra Drs. I Made Kartika, M.Si., menambahkan produktivitas dosen-dosen FKIP Universitas Dwijendra dalam menulis buku di tengah masa pandemi Covid-19 tidak terlepas juga dari dorongan dan motivasi kuat Kepala LLDikti Wilayah VIII dan Rektor Universitas Dwijendra.

“Setahun ini dosen kami hasilkan 7 buku dari sejumlah penulis. Harapannya ke depan lebih termotivasi agar menulis buku lebih banyak lagi. Kami tutup tahun 2020 dengan karya buku juga dengan harapan jadi kado FKIP kepada Universitas Dwijendra dan semoga kami tetap eksis,” paparnya.

 

-------
D.

Berita ini pernah terbit pada metrobali.com: https://metrobali.com/prestasi-saat-pandemi-fkip-universitas-dwijendra-luncurkan-tujuh-buku-karya-dosen-kado-manis-sambut-tahun-baru-2021/