background

Sukses Raih Hibah Matching Fund : Dwijendra University Gelar Sosialisasi, Mantapkan Program Kerja di Desa Kenderan

Sukses Raih Hibah Matching Fund : Dwijendra University Gelar Sosialisasi, Mantapkan Program Kerja di Desa Kenderan

 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berupaya mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama tersebut dengan merancang suatu program pendanaan yang dikemas dalam Program Matching Fund. Program ini dirancang untuk meningkatkan kemanfaatan dan relevansi sekaligus menyelaraskan pengembangan ilmu dan teknologi yang terjadi di perguruan tinggi agar selaras dengan pemenuhan kebutuhan atau pemecahan permasalahan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dan masyarakat.

Dwijendra University  merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan bantuan Program Matching Fund tahun 2021. Implementasi program ini, Dwijendra University  bekerja sama dengan Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar. Dalam sambutannya Rektor Undwi Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.M.A. menyatakan  program ini sangat bermanfaat bagi Dwijendra University  dan Desa Kenderan yang merupakan salah satu Desa Wisata di Kabupaten Gianyar. Diharapkan dengan program ini, pengembangan Desa Wisata Desa Kenderan dapat dimaksimalkan.

 

 

Kepala Desa Kenderan menyatakan  Desa Kenderan memiliki potensi sehingga ditetapkan sebagai desa wisata. Potensi lokal Pemandangan alam persawahan yang indah Pematang-pematang sawah sebagai jalur Rice Tracking atau Jogging Track. Keindahan air terjun (water fall Manuaba 1 dan Manuaba 2) Keberadaan Puri yang tetap mempertahankan arsitektur tradisional Bali Adanya tempat -tempat suci yang untuk wisata spiritual (11 beji) Adanya peninggalan sejarah yang ditemukan di areal desa. Aktivitas keagamaan untuk memuliakan air sebagai sumber kehidupan. Kepala Desa Kenderan berharap program ini dapat bermanfaat bagi Desa Kenderan. Diharapkan dengan program ini, pendapatan masyarakat dapat meningkat.

Gede Sedana yang merupakan penanggung jawab Program Matching Fund tahun 2021, melihat Desa Kenderan banyak memiliki potensi lokal yang perlu dikembangkan secara serius. Dengan adanya kolaborasi antara Dwijendra University  dengan Desa Kendran diharapkan mampu mengembangkan potensi tersebut secara optimal menuju Desa Wisata Desa Kenderan Berbasis Potensi Lokal, imbuhnya.  Pada acara sosialisasi  hari ini (Rabu, 8/9/2021), Ketut Suaradnyana sebagai koordinator pelaksana kegiatan menyampaiakan, bentuk implementasi program Matching Fund di Desa Kenderan berupa pelatihan bahasa asing (bahasa Inggris dan Jepang)  bagi remaja, pengolahan sampah menjadi pupuk organik, penerapan teknologi mina padi, pengolahan hasil mina padi menjadi  produk makanan, dan pelatihan pengelolaan manajemen desa wisata.

 

 

Sosialisasi program kerja Matching Fund yang dihadiri oleh Rektor Dwijendra University, Wakil Rektor, Dekan, tim pelaksana program Matching Fund Dwijendra University dan pemerintah Desa Kenderan mengambil lokasi di wantilan  Pura Grya Sakti Manuabe Desa Kenderan telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Acara sosialisasi ditutup dengan acara penyerahan masker secara simbolis oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis kepada Sekretaris Desa Kenderan sebagai bentuk dukungan pencegahan penularan covid-19 di masyarakat.

 

-------

Berita ini pernah terbit pada laman dwijendranews.com : https://dwijendranews.com/2021/09/08/sukses-raih-hibah-matching-fund-dwijendra-university-gelar-sosialisasi-mantapkan-program-kerja-di-desa-kenderan/