Sejarah

Universitas Dwijendra Denpasar merupakan salah satu unit pendidikan yaitu pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Dwijendra Denpasar. Embrio kelahiran Universitas Dwijendra berawal dari Sekolah Tinggi Arsitektur Tradisional Bali, kemudian pada tanggal 28 Juli 1982 dilebur menjadi Universitas Dwijendra dan mendapat pengakuan pemerintah dengan pemberian status terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0600/O/1984 tertanggal 28 Nopember 1984.

 

Pendirian Universitas Dwijendra, dengan pola ilmiah pokoknya yaitu Kebudayaan dan agama dengan memberi arti khusus kepada kebudayaan daerah Bali, diharapkan dapat memberi orintasi yang berdimensi ganda yaitu menghayati masa lalu sebagai pedoman perbandingan masa kini dan masa depan. Dimensi ini dijabarkan dalam pemilihan jenis Fakultas, Program Studi dan jenjang program sebagai langkah pengembangan Universitas Dwijendra.

 

Universitas Dwijendra mengasuh 5 Fakultas dengan 10 Program Studi dan diselenggarakan secara legal sesuai ketentuan hukum yang berlaku yang tertuang dalam pemberian ijin penyelenggaraan serta terakreditasi oleh BAN-PT.

Peringkat akreditasi masing-masing program studi adalah sebagai berikut:

 

No Program Studi

Peringkat

Akreditasi

Program Pascasarjana 
1 Magister Ilmu Hukum (S2) C
Fakultas Teknik
2 Arsitektur (S1) C
Fakultas Pertanian
3 Agribisnis (S1) B
4 Agroteknologi (S1) C
Fakultas Ilmu Komunikasi
5 Ilmu Komunikasi (S1) B
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
6 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) B
7 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah (S1) B
8 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) C
9 Pendidikan Guru Bahasa Inggris (S1) C
Fakultas Hukum
10 Ilmu Hukum (S1) B